Online Shop Media Untuk Mengembangkan Bisnis

Manusia tidak lepas dari apa yang dinamakan dengan teknologi, sebagai contoh dibeberapa belahan dunia telah terbantu dengan adanya teknologi untuk memperbaiki ekonomi, transportasi, serta ketersediaan informasi, dan masih banyak lagi.



Contohnya saja dinegara tercinta kita, Negara Indonesia, sebagai Negara yang sedang berkembang, sangat banyak sekali teknologi yang bisa kita pakai, bukan hanya itu kita juga selalu mengikuti perkembangan teknologi tersebut, sebagian juga banyak yang mengembangkan teknologi yang sudah ada, walaupun kita masih sedikit terlambat dibandingkan dengan Negara lainnya. tetapi sebagai Negara yang masih berkembang itu adalah awal yang bagus.

Adapula manfaat dari segi informasi, kita dimanjakan dengan dimudahkannya dalam hal mendapatkan informasi dan juga berkomunikasi, serta terciptanya lapangan kerja baru. Sebagai contoh lapangan kerja baru yang dapat kita buat dengan adanya teknologi informasi ini yakni dapat berjualan secara Online atau biasa kita kenal dengan nama Online Shop. Masyarakat tidak perlu susah payah mengeluarkan uang banyak untuk menyewa toko, tidak perlu membayar pajak penghasilan (Untuk Bisnis Besar).

Jika kita menggunakan sistem toko Online kita bisa memasarkan barang kita secara luas. Tidak hanya cakupan wilayah dalam kota saja, bahkan luar kota, luar pulau dan juga luar Negara pun bisa dicapai. Hal ini membuat barang dagangan kita mudah dikenal orang baik itu dalam kota, luar kota, maupun luar negeri. Pembeli juga dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang barang dagangan yang kita jual tanpa harus datang ke toko penjual. Mereka bisa menanyakan hal yang mereka ingin tahu kepada kita dengan mudah.

Dengan adanya Online Shop kita bisa menangani penjualan kita kapanpun dan dimanapun kita berada. Dan tidak seperti toko biasa yang harus kita datangi dan juga kita awasi setiap saat. Pembeli juga dapat bertransaksi dengan mudah tanpa harus ribet datang ke toko kalau tidak sempat. Karena pada dasarnya prinsip dari Online Shop ini adalah mempermudah pembeli bukan malah mempersulit pembeli tersebut.

Untuk metode pembayaran pada Online Shop sangat beragam. Mulai dari pembayaran tunai, kartu kredit, maupun pembayaran lewat kartu kredit Online. Bagi si penjual, mereka tidak perlu mengeluarkan dana untuk membayar pegawai. Karena jika kita menggunakan Online Shop kita tidak perlu lagi untuk mencari pegawai karena kita bisa bekerja sendiri. Tetapi meski banyak kemudahan yang bisa kita dapatka dari Online Shop  ada juga kekurangan yang mesti kita alami. Contohnya kita harus ahli dalam mengelola toko Online kita.
Jika kita tidak memiliki situs toko Online sendiri kita bisa memanfaatkan toko Online yang sudah banyak beredar didunia maya. Salah satu contoh toko Online yang dapat membantu kita untuk berjualan Online yaitu BukaLapak.com. situs ini memudahkan penjual untuk mempromosikan barang mereka ke masyarakat dengan mudah dan praktis. Sosial media juga memiliki peran penting dalam hal Online Shop karena penjual juga bisa menjual maupun memasarkan barang mereka lewat media sosia. Sekarang banyak para penjual baru yang memanfaatkan media sosial untuk ajang promosi barang yang mereka jual. Dan tidak sedikit pula orang yang merespon positif atas apa yang mereka promosikan.

Dalam Online Shop ini para pembeli tidak bisa melihat barang yang ingin mereka beli secara langsung, melainkan hanya dalam bentuk foto. Oleh karena itu para penjual harus jujur dalam memberikan informasi barang kepada pembeli baik itu foto barang yang dijual kepada pembeli maupun deskripsi barang yang mereka jual.

Disamping kelebihan dapat menjangkau ke seluruh dunia, tentunya pengiriman barang yang mereka beli diberikan kepada jasa pengiriman barang, hal ini dapat menambah biaya bagi pembeli untuk membayar ongkos kirim barang mereka. Tapi hal ini wajar bagi para pembeli yang sudah biasa dengan Online Shop.

            Dalam hal ini tidak sedikit pula para penjual yang sukses dalam menjalankan bisnis Online Shop ini, malah sudah banyak yang mulai beralih kepada bisnis ini. Baik itu pebisnis pemula maupun yang sudah kelas atas, dikarenakan mudahnya dalam hal promosi dan juga cakupan wilayah yang sangat luas. Tetapi jadilah penjual yang jujur karena pada saat kita menekuni bisnis toko Online ini kita sebagai penjual mesti dituntut jujur kepada pelanggan.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya berikan kepada kalian. Semoga bermanfaat bagi kalian. Jika kurang faham kalian bisa berkomentar nanti akan saya tanggapi dengan secepatnya. Sekian dan Terima Kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar